TUGAS
PSIKOLOGI UMUM

Oleh
:
Afrizal : 2612.063
Dosen
pembimbing :
Yantri
PENDIDIKAN BIMBINGAN DAN KONSELING (PBK)
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGRI (STAIN)
SJECH M.DJAMIL DJAMBEK BUKITTINGGI
2012 / 2013
PEMBAHASAN
Psikologi
berasal dari kata dalam bahasa
Yunani Psychology yang
merupakan gabungan dan kata psyche dan
logos. Psyche berarti jiwa dan logos
berarti ilmu. Secara harafiah psikologi diartikan sebagal ilmu jiwa.
Istilah psyche atau jiwa masih
sulit didefinisikan karena jiwa itu merupakan objek yang bersifat abstrak,
sulit dilihat wujudnya, meskipun tidak dapat dimungkiri keberadaannya. Dalam
beberapa dasawarsa ini.
Nah,disini penulis akan mencoba membuat ayat ayat al quran
yang berhubungan dengan psikologi (tingkah laku manusia),
1.QS. al Baqarah/2 : 30,(perusak):
øŒÎ)ur
tA$s%
š•/u‘
Ïps3Í´¯»n=yJù=Ï9
’ÎoTÎ)
×@Ïã%y`
’Îû
ÇÚö‘F{$#
Zpxÿ‹Î=yz
( (#þqä9$s%
ã@yèøgrBr&
$pkŽÏù
`tB
߉šøÿãƒ
$pkŽÏù
à7Ïÿó¡o„ur
uä!$tBÏe$!$#
ß`øtwUur
ßxÎm7|¡çR
x8ωôJpt¿2
â¨Ïd‰s)çRur
y7s9
( tA$s%
þ’ÎoTÎ)
ãNn=ôãr&
$tB
Ÿw tbqßJn=÷ès?
ÇÌÉÈ
Terjemahannya :
Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat:
"Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi".
Mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang
yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami
senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan menyucikan Engkau?" Tuhan
berfirman: "Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui".[al baqarah/2 :30]
Dari ayat diatas di
jelas kan bahwa manusia diciptkan berprilaku merusak ,yaitu dari kata
مَنْ
يُفْسِدُ فِيهَا وَيَسْفِكُ الدِّمَاءَ",”merusak an menumpah darah”,namun tidak sama halnya dengan
malaikat,yang taat dan patuh,
Disini dijelaskan bahwa
manusia yang hanyalah mempunyai prilaku yang berlebih dari pada makluk
lain,dimana manusia dia bisa tahu dengan segala apa yang ada di alam ini karena
manusia lebih unggul dari pada makluk lain,maka disinilah peran psikologi
sangat lah penting ,dimana kita mengetahui bagaimana jiwa seseorang yang
perusak itu,dan apakah selalu manusia itu membuatkerusakan.
2.QS al kahfi/18 ayat
54(pembantah)
ô‰s)s9u$oYøù§Ž|À ’Îû #x‹»yd Èb#uäöà)ø9$# r Ĩ$¨Z=Ï9 `ÏB Èe@à2 9@sWtB 4 tb%x.ur ß`»|¡RM}$# uŽsYò2r& &äóÓx« Zwy‰y` ÇÎÍÈ
Artinya :
dan sesungguhnya Kami
telah mengulang-ulangi bagi manusia dalam Al Quran ini bermacam-macam
perumpamaan. Dan manusia adalah makhluk yang paling banyak membantah.
(QS: Al-Kahfi Ayat: 54)
(QS: Al-Kahfi Ayat: 54)
penjelasan ayat:
bahwa ayat ini menyatakan bahwa manusia merupakanmakluk yang sangat membantah,
contoh:ketika allah menyuruh manusia solat,tapi manusia tidak mau
mengerjakannya,kata kata tak mengerjakan maka sama artinya dengan membantah,
nah,dalam psiklogi,maka psiklogi akan membahas tentang jiwa seseorang
yang pembantah,an bagaimana efeknya dalam kehidupan,
3.QS al ma’rij ayat 1921(keluh kesah)
* ¨bÎ) z`»|¡SM}$# t,Î=äz %·æqè=yd ÇÊÒÈ #sŒÎ) çm¡¡tB •ޤ³9$# $Yãrâ“y_ ÇËÉÈ #sŒÎ)ur çm¡¡tB çŽösƒø:$# $¸ãqãZtB ÇËÊÈ
Artinya :
Sungguh manusia diciptakan dalam keaaan berkeluh kesah (19),apa bila
ditimpa kesusasahan ia berkeluh kesah(20),apa bila mendapat kebaikan (harta)dia
menjadi kikir(21)kecuali orang orang yang melaksanakan solat(qs al ma’rij ayat
19-21),
Penjelasan ayat:
Jadi dari ayat iatas ada beberapa tingkahlaku manusia yaitu:
a.berkeluh kesah
ini memang dala kehidupan sehari hari Nampak dengan kita bahwa manusia
paling oke mengeluh,contoh:ketika hari
panas pasti manusia mengeluh dengan berkata (ndee hujan juga hari),nah dalam
psikologo akan mempelajari bagaimana sebenarnya jiwa seseorang yang mengeluh
itu,dan apa dampaknya terhadap kehidupan sehari harinya.
b. apa bila mendapat kebaikan (harta)dia menjadi kikir
ini menjelaskan bahwa memang manusia ini
banyaknya berprilaku (sikap)kikir,ketika manusia itu telah mendapakan
sesuatu,contoh:banyak nya orang orang kaya kikir terhadap fakir maupun
miskin,sehingga banyak fakir miskin yang hidup meminta minta,ironisnya mati
kelaparan.
Psikologi akan mempelajari bagaimana sebenarnya jiwa seseorang yang kikir itu,apakah dia akan
selalu hidup tenang atau dalam kegelisahan.
4.q.s al qiyamah/75 ayat 5(maksiat)
ö@t/ ߉ƒÌムß`»|¡RM}$# tàføÿu‹Ï9 ¼çmtB$tBr& ÇÎÈ
Artinya: tetapi manusia hendak membuat maksiat terus menerus(qs al
qiyamah/75 ayat 5)
Penjelasan:ayat ini menjelaskan
bahwa salah satu tingkah laku manusia yang selalu dia perbuat yaitu berbuat
maksiat,memang apa yang dikatakan ayat ini telah terbukti.contoh :banyak nya
para muda mudi yang berdua duaan di tempat yang sunyi,
Nah peran psikologi sangat erat isini,dimana aka mengetahui bagaimana
jiwa seorang yang hendak berbuat maksiat terus menerus.
5.QS al a’raf ayat 199(prilaku pemaaf)
É‹è{ uqøÿyèø9$# óßDù&ur Å$óãèø9$$Î/ óÚÌôãr&ur Ç`tã šúüÎ=Îg»pgø:$# ÇÊÒÒÈ
Artinya
jadilah
engkau pema’af dan suruhlah orang mengerjakan yang ma’ruf, serta berpalinglah
daripada orang-orang yang bodoh. (QS al a’raf ayat 199)
penjelasan
:ayay diatas menjelaskan salah satu tingkah laku baik manusia yaitu memaafkan kesalahan orang lan,,nah,alam
psikologi akan mempelajari bagaimana
jiwaseseorang yang selalu memaaflkan saudara nya.
6.QS an
nisa ayat 58(amanat)
* ¨bÎ) ©!$# öNä.ããBù'tƒ br& (#r–Šxsè? ÏM»uZ»tBF{$# #’n<Î) $ygÎ=÷dr& #sŒÎ)ur OçFôJs3ym tû÷üt/ Ĩ$¨Z9$# br& (#qßJä3øtrB ÉAô‰yèø9$$Î/ 4 ¨bÎ) ©!$# $KÏèÏR /ä3ÝàÏètƒ ÿ¾ÏmÎ/ 3 ¨bÎ) ©!$# tb%x. $Jè‹Ïÿxœ #ZŽÅÁt/ ÇÎÑÈ
Artinya :
Sesungguhnya Allah menyuruh kamu
menyampaikan amanat kepada yang berhak menerimanya, dan (menyuruh kamu) apabila
menetapkan hukum di antara manusia supaya kamu menetapkan dengan adil.
Sesungguhnya Allah memberi pengajaran yang sebaik-baiknya kepadamu.
Sesungguhnya Allah adalah Maha Mendengar lagi Maha Melihat.
Penjelasan :bahwa ayat ini menggambarkan sebuah perintah buat manusia
bahwa manusia harus menyampaikan amanat yang telah diberikan,dan juga ini
merupakan sebuah prilaku manusia,dalam psikologi maka akan membahas bagaimana
jiwa seseorang yang tidak mau menyampaikan amanat,dan jiwa orang orang yang
menyampaikan amanat,
7. QS al-hujurat ayat 11(olok-olok)
$pkš‰r'¯»tƒ tûïÏ%©!$# (#qãZtB#uä Ÿw öy‚ó¡o„ ×Pöqs% `ÏiB BQöqs% #Ó|¤tã br& (#qçRqä3tƒ #ZŽöyz öNåk÷]ÏiB Ÿwur Öä!$|¡ÎS `ÏiB >ä!$|¡ÎpS #Ó|¤tã br& £`ä3tƒ #ZŽöyz £`åk÷]ÏiB ( Ÿwur (#ÿrâ“ÏJù=s? ö/ä3|¡àÿRr& Ÿwur (#râ“t/$uZs? É=»s)ø9F{$$Î/ ( }§ø©Î/ ãLôœew$# ä-qÝ¡àÿø9$# y‰÷èt/ Ç`»yJƒM}$# 4 `tBur öN©9 ó=çGtƒ y7Í´¯»s9'ré'sù ãNèd tbqçHÍ>»©à9$# ÇÊÊÈ
Artinya :
Hai orang-orang yang
beriman janganlah suatu kaum mengolok-olok kaum yang lain (karena) boleh jadi
mereka (yang diolok-olok) lebih baik dari mereka (yang mengolok-olok) dan
jangan pula wanita-wanita (mengolok-olok) wanita-wanita lain (karena) boleh
jadi wanita-wanita (yang diperolok-olokkan) lebih baik dari wanita (yang
mengolok-olok) dan janganlah kamu mencela dirimu sendiri dan janganlah kamu
panggil memanggil dengan gelar-gelar yang buruk. Seburuk-buruk panggilan
ialah (panggilan) yang buruk sesudah iman dan barang siapa yang tidak bertobat,
maka mereka itulah orang-orang yang lalim. (QS al-hujurat ayat 11)
Alam psikologi akan mempelajari bagaimana jiwa seseorang yang suka memperolok-olok dan jiwa seseorang yang memanggil teman nya engan panggilan yang tiak isukainya.
8 QS.al-hujurat ayat
12(prasangka)
$pkš‰r'¯»tƒ tûïÏ%©!$# (#qãZtB#uä (#qç7Ï^tGô_$# #ZŽÏWx. z`ÏiB Çd`©à9$# žcÎ) uÙ÷èt/ Çd`©à9$# ÒOøOÎ) ( Ÿwur (#qÝ¡¡¡pgrB Ÿwur =tGøótƒ Nä3àÒ÷è/ $³Ò÷èt/ 4 =Ïtä†r& óOà2߉tnr& br& Ÿ@à2ù'tƒ zNóss9 ÏmŠÅzr& $\GøŠtB çnqßJçF÷dÌs3sù 4 (#qà)¨?$#ur ©!$# 4 ¨bÎ) ©!$# Ò>#§qs? ×LìÏm§‘ ÇÊËÈ
Artinya;"Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan dari prasangka. Sesungguhnya sebagian dari prasangka itu adalah dosa, dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain, dan janganlah sebagian kamu menggunjing sebagian yang lain. Sukakah salah seorang di antara kamu memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima tobat lagi Maha Penyayang."( QS.al-hujurat ayat 12)
Penjelasan : bahwa ayat ini melarang manusia itu untuk tidak berprasangka.
Dalam psikologi akan mempelajari bagaimana jiwa seseorang yang selalu berpresangka an orang yang disangka.
9. QS al-bakoroh ayat 6
¨bÎ) šúïÏ%©!$# (#rãxÿx. íä!#uqy™ óOÎgøŠn=tæ öNßgs?ö‘x‹Rr&uä ÷Pr& öNs9 öNèdö‘É‹Zè? Ÿw tbqãZÏB÷sムÇÏÈ
Artinya:Sesungguhnya orang orang kafir sama saja bagi mereka,diberi peringatan an tidak mereka tetap tidak beriman(al-bakoroh ayat 6)
Ayat ini menjelaskan bahwa bagi orang non islam mereka menganggap semua sama,dan alam psikologi akan mempelajari bagaimana jiwa orang kafir tersebut,
10. (QS Al Isra : 26-27)
ÏN#uäur #sŒ 4’n1öà)ø9$# ¼çm¤)ym tûüÅ3ó¡ÏJø9$#ur tûøó$#ur È@‹Î6¡¡9$# Ÿwur ö‘Éj‹t7è? #·ƒÉ‹ö7s? ÇËÏÈ ¨bÎ) tûïÍ‘Éj‹t6ßJø9$# (#þqçR%x. tbºuq÷zÎ) ÈûüÏÜ»u‹¤±9$# ( tb%x.ur ß`»sÜø‹¤±9$# ¾ÏmÎn/tÏ9 #Y‘qàÿx. ÇËÐÈ
Artinys:Dan Berikanlah kepada keluarga-keluarga yang dekat akan haknya, kepada orang miskin dan orang yang ada dalam perjalanan; dan janganlah kamu menghamburkan (hartamu) dengan boros. (27) Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudaranya setan dan sesungguhnya setan itu sangat ingkar kepada tuhannya.” (QS Al Isra : 26-27)
Penjelasan:
Bahwa ayat ini menjelaskan bagi manusia agar manusia bisa peuli terhadap kerabatnya,dan tidak menghamburkan harta(mubazir),dalam psiklogi,akan mempelajari bagaimana jiwa seeorang yang suka hidup mubazir/berlebih lebihan.
Perlu kita ketahui bahwa manusia itu mrupakan makluk yang sempurana,tapi karna tingkah laku nya(buruk)ia menjadi makluk yang tiak sempurna>
11.Firman Allah,QS at-tin
: 4
ô‰s)s9 $uZø)n=y{ z`»|¡SM}$# þ’Îû Ç`|¡ômr& 5OƒÈqø)s? ÇÍÈ
Artinya:sesungguhnya kami telah menciptakan manusia dalam keaaan yang sebaik baiknya/sempurna.( QS at-tin : 4)
12.QS AL balad :4-6
ô‰s)s9 $uZø)n=yz z`»|¡SM}$# ’Îû >‰t6x. ÇÍÈ Ü=|¡øts†r& br& `©9 u‘ωø)tƒ Ïmø‹n=tã Ó‰tnr& ÇÎÈ ãAqà)tƒ àMõ3n=÷dr& Zw$tB #´‰t7—9 ÇÏÈ
Artinya:4 Sesungguhnya kami Telah menciptakan manusia
berada dalam susah payah.
Apakah manusia itu
menyangka bahwa sekali-kali tiada seorangpun yang berkuasa atasnya?
Dan mengatakan:
"Aku Telah menghabiskan harta yang banyak".( QS AL balad :4-6)
Penjelasan:
Ayat ini membahas
mengenai tingkah laku manusia yang selalu berada dalam susah payah,dalam
psikologi akn membawhas mengenai bagaiman jiwa seseorang yang berada dalam
keadaan susah payah itu.
13.al isro :23-24
* 4Ó|Ós%ur y7•/u‘ žwr& (#ÿr߉ç7÷ès? HwÎ) çn$ƒÎ) Èûøït$Î!ºuqø9$$Î/ur $·Z»|¡ômÎ) 4 $¨BÎ) £`tóè=ö7tƒ x8y‰YÏã uŽy9Å6ø9$# !$yJèd߉tnr& ÷rr& $yJèdŸxÏ. Ÿxsù @à)s? !$yJçl°; 7e$é& Ÿwur $yJèdöpk÷]s? @è%ur $yJßg©9 Zwöqs% $VJƒÌŸ2 ÇËÌÈ ôÙÏÿ÷z$#ur $yJßgs9 yy$uZy_ ÉeA—%!$# z`ÏB ÏpyJôm§9$# @è%ur Éb>§‘ $yJßg÷Hxqö‘$# $yJx. ’ÎT$u‹/u‘ #ZŽÉó|¹ ÇËÍÈ
Artiny:. Dan Tuhanmu Telah memerintahkan supaya kamu
jangan menyembah selain dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu
dengan sebaik-baiknya. jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya
sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, Maka sekali-kali janganlah kamu
mengatakan kepada keduanya perkataan "ah" dan janganlah kamu
membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia .24Dan
rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan
ucapkanlah: "Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka
berdua Telah mendidik Aku waktu kecil".
mengucapkan kata ah kepada orang tua tidak dlbolehkan oleh agama apalagi
mengucapkan kata-kata atau memperlakukan mereka dengan lebih kasar daripada
itu.
Penjelasan
Bahwa ayat ini mengatakan kepada manusia supaya
berprilaku baek kepada orang tuanya,nah,dalam psikologi akan mengkaji bagaimana
jiwa seseorang yang berbuat baek kepada orang tuanya,dan yang membantah kepada
orang tuanya
14.QS lukman :18
Ÿwur öÏiè|Áè? š‚£‰s{ Ĩ$¨Z=Ï9 Ÿwur Ä·ôJs? ’Îû ÇÚö‘F{$# $·mttB ( ¨bÎ) ©!$# Ÿw =Ïtä† ¨@ä. 5A$tFøƒèC 9‘qã‚sù ÇÊÑÈ
Artinya:
. Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari
manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan
angkuh. Sesungguhnya allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi
membanggakan diri.(QS luqman:18)
Pejjelasan :
Ayat ini menegaskan
manusia agar tidak sombong,dalam psikologi akan membahas bagaimana jiwa
seseorang yang sombong itu.
Itu lah ayat yang berkaitan dengan psikologi,berdasarkan
tingkah Lku Mnusia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar