Sabtu, 05 Maret 2016

Makalah Ayat tentang Psikolgi

TUGAS PSIKOLOGI UMUM
Ayat - ayat yang berhubungan dengan psikologi umum








Oleh :
Afrizal                         :           2612.063
Dosen pembimbing :
Yantri

PENDIDIKAN BIMBINGAN DAN KONSELING (PBK)
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGRI (STAIN)
SJECH M.DJAMIL DJAMBEK BUKITTINGGI
2012 / 2013





PEMBAHASAN
           
Psikologi berasal dari kata dalam bahasa Yunani Psychology yang merupakan gabungan dan kata psyche dan logos. Psyche berarti jiwa dan logos berarti ilmu. Secara harafiah psikologi diartikan sebagal ilmu jiwa. Istilah psyche atau jiwa masih sulit didefinisikan karena jiwa itu merupakan objek yang bersifat abstrak, sulit dilihat wujudnya, meskipun tidak dapat dimungkiri keberadaannya. Dalam beberapa dasawarsa ini.
Nah,disini penulis akan mencoba membuat ayat ayat al quran yang berhubungan dengan psikologi (tingkah laku manusia),
1.QS. al Baqarah/2 : 30,(perusak):
øŒÎ)ur tA$s% š/u Ïps3Í´¯»n=yJù=Ï9 ÎoTÎ) ×@Ïã%y` Îû ÇÚöF{$# ZpxÿÎ=yz ( (#þqä9$s% ã@yèøgrBr& $pkŽÏù `tB ßÅ¡øÿム$pkŽÏù à7Ïÿó¡our uä!$tBÏe$!$# ß`øtwUur ßxÎm7|¡çR x8ÏôJpt¿2 â¨Ïds)çRur y7s9 ( tA$s% þÎoTÎ) ãNn=ôãr& $tB Ÿw tbqßJn=÷ès? ÇÌÉÈ  
Terjemahannya :
Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat: "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi". Mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan menyucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui".[al baqarah/2 :30]

Dari ayat diatas di jelas kan bahwa manusia diciptkan berprilaku merusak ,yaitu dari kata
مَنْ يُفْسِدُ فِيهَا وَيَسْفِكُ الدِّمَاءَ",”merusak an menumpah darah”,namun tidak sama halnya dengan malaikat,yang taat dan patuh,
Disini dijelaskan bahwa manusia yang hanyalah mempunyai prilaku yang berlebih dari pada makluk lain,dimana manusia dia bisa tahu dengan segala apa yang ada di alam ini karena manusia lebih unggul dari pada makluk lain,maka disinilah peran psikologi sangat lah penting ,dimana kita mengetahui bagaimana jiwa seseorang yang perusak itu,dan apakah selalu manusia itu membuatkerusakan.
2.QS al kahfi/18 ayat 54(pembantah)
ôs)s9u$oYøù§Ž|À Îû #x»yd Èb#uäöà)ø9$# r Ĩ$¨Z=Ï9 `ÏB Èe@à2 9@sWtB 4 tb%x.ur ß`»|¡RM}$# uŽsYò2r& &äóÓx« Zwyy` ÇÎÍÈ  

Artinya :
dan sesungguhnya Kami telah mengulang-ulangi bagi manusia dalam Al Quran ini bermacam-macam perumpamaan. Dan manusia adalah makhluk yang paling banyak membantah.
(QS: Al-Kahfi Ayat: 54)
penjelasan ayat:
bahwa ayat ini menyatakan bahwa manusia merupakanmakluk  yang sangat membantah,
contoh:ketika allah menyuruh manusia solat,tapi manusia tidak mau mengerjakannya,kata kata tak mengerjakan maka sama artinya dengan membantah,
nah,dalam psiklogi,maka psiklogi akan membahas tentang jiwa seseorang yang pembantah,an bagaimana efeknya dalam kehidupan,
3.QS al ma’rij ayat 1921(keluh kesah)

* ¨bÎ) z`»|¡SM}$# t,Î=äz %·æqè=yd ÇÊÒÈ   #sŒÎ) çm¡¡tB ޤ³9$# $Yãrây_ ÇËÉÈ   #sŒÎ)ur çm¡¡tB çŽösƒø:$# $¸ãqãZtB ÇËÊÈ  

Artinya :
Sungguh manusia diciptakan dalam keaaan berkeluh kesah (19),apa bila ditimpa kesusasahan ia berkeluh kesah(20),apa bila mendapat kebaikan (harta)dia menjadi kikir(21)kecuali orang orang yang melaksanakan solat(qs al ma’rij ayat 19-21),
Penjelasan ayat:
Jadi dari ayat iatas ada beberapa tingkahlaku manusia yaitu:
a.berkeluh kesah
ini memang dala kehidupan sehari hari Nampak dengan kita bahwa manusia paling oke mengeluh,contoh:ketika  hari panas pasti manusia mengeluh dengan berkata (ndee hujan juga hari),nah dalam psikologo akan mempelajari bagaimana sebenarnya jiwa seseorang yang mengeluh itu,dan apa dampaknya terhadap kehidupan sehari harinya.
b. apa bila mendapat kebaikan (harta)dia menjadi kikir
ini menjelaskan bahwa memang manusia ini  banyaknya berprilaku (sikap)kikir,ketika manusia itu telah mendapakan sesuatu,contoh:banyak nya orang orang kaya kikir terhadap fakir maupun miskin,sehingga banyak fakir miskin yang hidup meminta minta,ironisnya mati kelaparan.
Psikologi akan mempelajari bagaimana sebenarnya  jiwa seseorang yang kikir itu,apakah dia akan selalu hidup tenang atau dalam kegelisahan.
4.q.s al qiyamah/75 ayat 5(maksiat)
ö@t/ ߃̍ムß`»|¡RM}$# tàføÿuÏ9 ¼çmtB$tBr& ÇÎÈ  
Artinya: tetapi manusia hendak membuat maksiat terus menerus(qs al qiyamah/75 ayat 5)
Penjelasan:ayat  ini menjelaskan bahwa salah satu tingkah laku manusia yang selalu dia perbuat yaitu berbuat maksiat,memang apa yang dikatakan ayat ini telah terbukti.contoh :banyak nya para muda mudi yang berdua duaan di tempat yang sunyi,
Nah peran psikologi sangat erat isini,dimana aka mengetahui bagaimana jiwa seorang yang hendak berbuat maksiat terus menerus.
5.QS al a’raf ayat 199(prilaku pemaaf)
Éè{ uqøÿyèø9$# óßDù&ur Å$óãèø9$$Î/ óÚ̍ôãr&ur Ç`tã šúüÎ=Îg»pgø:$# ÇÊÒÒÈ  
Artinya
jadilah engkau pema’af dan suruhlah orang mengerjakan yang ma’ruf, serta berpalinglah daripada orang-orang yang bodoh. (QS al a’raf ayat 199)
penjelasan :ayay diatas menjelaskan salah satu tingkah laku baik manusia  yaitu memaafkan kesalahan orang lan,,nah,alam psikologi akan mempelajari bagaimana  jiwaseseorang yang selalu memaaflkan saudara nya.
6.QS an nisa ayat 58(amanat)
* ¨bÎ) ©!$# öNä.ããBù'tƒ br& (#rŠxsè? ÏM»uZ»tBF{$# #n<Î) $ygÎ=÷dr& #sŒÎ)ur OçFôJs3ym tû÷üt/ Ĩ$¨Z9$# br& (#qßJä3øtrB ÉAôyèø9$$Î/ 4 ¨bÎ) ©!$# $­KÏèÏR /ä3ÝàÏètƒ ÿ¾ÏmÎ/ 3 ¨bÎ) ©!$# tb%x. $JèÏÿxœ #ZŽÅÁt/ ÇÎÑÈ  
Artinya :
Sesungguhnya Allah menyuruh kamu menyampaikan amanat kepada yang berhak menerimanya, dan (menyuruh kamu) apabila menetapkan hukum di antara manusia supaya kamu menetapkan dengan adil. Sesungguhnya Allah memberi pengajaran yang sebaik-baiknya kepadamu. Sesungguhnya Allah adalah Maha Mendengar lagi Maha Melihat.
Penjelasan :bahwa ayat ini menggambarkan sebuah perintah buat manusia bahwa manusia harus menyampaikan amanat yang telah diberikan,dan juga ini merupakan sebuah prilaku manusia,dalam psikologi maka akan membahas bagaimana jiwa seseorang yang tidak mau menyampaikan amanat,dan jiwa orang orang yang menyampaikan amanat,
7. QS al-hujurat ayat 11(olok-olok)

$pkšr'¯»tƒ tûïÏ%©!$# (#qãZtB#uä Ÿw öyó¡o ×Pöqs% `ÏiB BQöqs% #Ó|¤tã br& (#qçRqä3tƒ #ZŽöyz öNåk÷]ÏiB Ÿwur Öä!$|¡ÎS `ÏiB >ä!$|¡ÎpS #Ó|¤tã br& £`ä3tƒ #ZŽöyz £`åk÷]ÏiB ( Ÿwur (#ÿrâÏJù=s? ö/ä3|¡àÿRr& Ÿwur (#rât/$uZs? É=»s)ø9F{$$Î/ ( }§ø©Î/ ãLôœew$# ä-qÝ¡àÿø9$# y÷èt/ Ç`»yJƒM}$# 4 `tBur öN©9 ó=çGtƒ y7Í´¯»s9'ré'sù ãNèd tbqçHÍ>»©à9$# ÇÊÊÈ  
Artinya :
Hai orang-orang yang beriman janganlah suatu kaum mengolok-olok kaum yang lain (karena) boleh jadi mereka (yang diolok-olok) lebih baik dari mereka (yang mengolok-olok) dan jangan pula wanita-wanita (mengolok-olok) wanita-wanita lain (karena) boleh jadi wanita-wanita (yang diperolok-olokkan) lebih baik dari wanita (yang mengolok-olok) dan janganlah kamu mencela dirimu sendiri dan janganlah kamu panggil memanggil dengan gelar-gelar yang buruk.  Seburuk-buruk panggilan ialah (panggilan) yang buruk sesudah iman dan barang siapa yang tidak bertobat, maka mereka itulah orang-orang yang lalim. (QS al-hujurat ayat 11)



Penjelasan :bahwa ayat ini menjelaskan agar manusia itu jangan memperolo-olok ka orang lain,baik itu laki-laki maupun perempuan,an juga agar manusia jangan asal mengigil saudara2 dengan panggilan yang dia tidak disukai,
Alam psikologi akan mempelajari bagaimana jiwa seseorang yang suka memperolok-olok dan jiwa seseorang yang memanggil teman nya engan panggilan yang tiak isukainya.
8 QS.al-hujurat ayat 12(prasangka)
$pkšr'¯»tƒ tûïÏ%©!$# (#qãZtB#uä (#qç7Ï^tGô_$# #ZŽÏWx. z`ÏiB Çd`©à9$# žcÎ) uÙ÷èt/ Çd`©à9$# ÒOøOÎ) ( Ÿwur (#qÝ¡¡¡pgrB Ÿwur =tGøótƒ Nä3àÒ÷è­/ $³Ò÷èt/ 4 =Ïtär& óOà2ßtnr& br& Ÿ@à2ù'tƒ zNóss9 ÏmŠÅzr& $\GøŠtB çnqßJçF÷d̍s3sù 4 (#qà)¨?$#ur ©!$# 4 ¨bÎ) ©!$# Ò>#§qs? ×LìÏm§ ÇÊËÈ  
Artinya;
"Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan dari prasangka. Sesungguhnya sebagian dari prasangka itu adalah dosa, dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain, dan janganlah sebagian kamu menggunjing sebagian yang lain. Sukakah salah seorang di antara kamu memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima tobat lagi Maha Penyayang."( QS.al-hujurat ayat 12)


Penjelasan : bahwa ayat ini melarang manusia itu untuk tidak berprasangka.
Dalam psikologi akan mempelajari bagaimana jiwa seseorang yang selalu berpresangka an orang yang disangka.
9. QS al-bakoroh ayat 6
¨bÎ) šúïÏ%©!$# (#rãxÿx. íä!#uqy óOÎgøŠn=tæ öNßgs?öxRr&uä ÷Pr& öNs9 öNèdöÉZè? Ÿw tbqãZÏB÷sムÇÏÈ  
Artinya:
Sesungguhnya orang orang kafir sama saja bagi mereka,diberi peringatan an tidak mereka tetap tidak beriman(al-bakoroh ayat 6)
Ayat ini menjelaskan bahwa bagi orang non islam mereka menganggap semua sama,dan alam psikologi akan mempelajari bagaimana jiwa orang kafir tersebut,
10. (QS Al Isra : 26-27)
ÏN#uäur #sŒ 4n1öà)ø9$# ¼çm¤)ym tûüÅ3ó¡ÏJø9$#ur tûøó$#ur È@Î6¡¡9$# Ÿwur öÉjt7è? #·ƒÉö7s? ÇËÏÈ   ¨bÎ) tûïÍÉjt6ßJø9$# (#þqçR%x. tbºuq÷zÎ) ÈûüÏÜ»u¤±9$# ( tb%x.ur ß`»sÜø¤±9$# ¾ÏmÎn/tÏ9 #Yqàÿx. ÇËÐÈ  
Artinys:
Dan Berikanlah kepada keluarga-keluarga yang dekat akan haknya, kepada orang miskin dan orang yang ada dalam perjalanan; dan janganlah kamu menghamburkan (hartamu) dengan boros. (27) Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudaranya setan dan sesungguhnya setan itu sangat ingkar kepada tuhannya.” (QS Al Isra : 26-27)
Penjelasan:
Bahwa ayat ini menjelaskan bagi manusia agar manusia bisa peuli terhadap kerabatnya,dan tidak menghamburkan harta(mubazir),dalam psiklogi,akan mempelajari bagaimana jiwa seeorang yang suka hidup mubazir/berlebih lebihan.
Perlu kita ketahui bahwa manusia itu mrupakan makluk yang sempurana,tapi karna tingkah laku nya(buruk)ia menjadi makluk yang tiak sempurna>
11.Firman Allah,QS at-tin : 4
ôs)s9 $uZø)n=y{ z`»|¡SM}$# þÎû Ç`|¡ômr& 5OƒÈqø)s? ÇÍÈ  
Artinya:
sesungguhnya kami telah menciptakan manusia dalam keaaan yang sebaik baiknya/sempurna.( QS at-tin : 4)
            12.QS AL balad :4-6
ôs)s9 $uZø)n=yz z`»|¡SM}$# Îû >t6x. ÇÍÈ Ü=|¡øtsr& br& `©9 uÏø)tƒ Ïmøn=tã Ótnr& ÇÎÈ ãAqà)tƒ àMõ3n=÷dr& Zw$tB #´t79 ÇÏÈ
Artinya:4  Sesungguhnya kami Telah menciptakan manusia berada dalam susah payah.
Apakah manusia itu menyangka bahwa sekali-kali tiada seorangpun yang berkuasa atasnya?
Dan mengatakan: "Aku Telah menghabiskan harta yang banyak".( QS AL balad :4-6)
            Penjelasan:
Ayat ini membahas mengenai tingkah laku manusia yang selalu berada dalam susah payah,dalam psikologi akn membawhas mengenai bagaiman jiwa seseorang yang berada dalam keadaan susah payah itu.
            13.al isro :23-24
* 4Ó|Ós%ur y7/u žwr& (#ÿrßç7÷ès? HwÎ) çn$­ƒÎ) Èûøït$Î!ºuqø9$$Î/ur $·Z»|¡ômÎ) 4 $¨BÎ) £`tóè=ö7tƒ x8yYÏã uŽy9Å6ø9$# !$yJèdßtnr& ÷rr& $yJèdŸxÏ. Ÿxsù @à)s? !$yJçl°; 7e$é& Ÿwur $yJèdöpk÷]s? @è%ur $yJßg©9 Zwöqs% $VJƒÌŸ2 ÇËÌÈ ôÙÏÿ÷z$#ur $yJßgs9 yy$uZy_ ÉeA%!$# z`ÏB ÏpyJôm§9$# @è%ur Éb>§ $yJßg÷Hxqö$# $yJx. ÎT$u­/u #ZŽÉó|¹ ÇËÍÈ 
Artiny:.  Dan Tuhanmu Telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, Maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia .24Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: "Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua Telah mendidik Aku waktu kecil".  mengucapkan kata ah kepada orang tua tidak dlbolehkan oleh agama apalagi mengucapkan kata-kata atau memperlakukan mereka dengan lebih kasar daripada itu.
Penjelasan
            Bahwa ayat ini mengatakan kepada manusia supaya berprilaku baek kepada orang tuanya,nah,dalam psikologi akan mengkaji bagaimana jiwa seseorang yang berbuat baek kepada orang tuanya,dan yang membantah kepada orang tuanya
            14.QS lukman :18
Ÿwur öÏiè|Áè? š£s{ Ĩ$¨Z=Ï9 Ÿwur Ä·ôJs? Îû ÇÚöF{$# $·mttB ( ¨bÎ) ©!$# Ÿw =Ïtä ¨@ä. 5A$tFøƒèC 9qãsù ÇÊÑÈ
Artinya:
.  Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri.(QS luqman:18)
            Pejjelasan :
Ayat ini menegaskan manusia agar tidak sombong,dalam psikologi akan membahas bagaimana jiwa seseorang yang sombong itu.
            Itu lah ayat yang berkaitan dengan psikologi,berdasarkan tingkah Lku Mnusia.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar